Teknik Sederhana Mendeteksi Kebohongan

Agan n Sista pernah berbohong?
ATAU.....
Sering jadi korban kebohongan? 

Kemampuan Agan n Sista utk mendeteksi kebohogan seseorang, bisa membuat agan n sista selamat dari tindakan penipuan.
Orang melakukan suatu kebohongan, karena berbagai macam alasan. Bisa jadi karena dia ingin memanfaatkan agan n sista. Atau bahkan karena ingin menyelamatkan diri sendiri dari suatu permasalahan. Karena itu lah orang melakukan kebohongan.
Sayangnya, mendeteksi kebohongan itu bukan hal yang mudah di lakukan emoticon-norose
Dari sebuah hasil penelitian, sangat sedikit orang yang mampu melakukan hal itu,mendeteksi orang lain apakah berbohong atau tidak.

Namun Agan n Sista nggak perlu khawatir, ada beberapa cara sederhana yang bisa kita lakukan utk mengetahui lawan bicara kita berbohong atau tidak. Banyak banyak latihan ya gan sist,biar makin mahir skillnya


1. Sedikit Tersenyum
Teknik Sederhana Mendeteksi Kebohongan

Saat seseorang banyak mengumbar senyumnya, agan seringkali malah mencurigai bahwa dia sedang berbohong.
Penipu yang berpengalaman seringkali melakukan hal yg berlawanan utk mengecoh calon korbannya.
Seorang pendusta, terutama cowok tidak banyak tersenyum saat mereka mengatakan kebenaran.
Jika seorang pendusta tersenyum,bisa jadi itu senyum palsu yang dia berikan. Mendeteksi senyum palsu sangat lah mudah, karena dia hanya tersenyum dengan mulutnya,tapi tidak dengan matanya.


2. Perhatikan Kakinya
Agan n Sista juga bisa melihat posisi kaki utk mendapatkan petunjuk apakah dia berbohong atau tidak.
Seorang pembohong akan mengurangi gerakan kakinya sehingga dia tampak lebih kaku. Posisi kakinya pun akan cenderung ke arah luar saat dia berbohong.
Alam bawah sadarnya memerintahkan kakinya mencari pelarian karena ketidaknyamanannya efek dari berbohong.


3. Perhatikan Ekspresi Wajah
Teknik Sederhana Mendeteksi Kebohongan




Wajah adalah cerminan hati dan perasaan kita. Seringkali apa yang kita rasakan tercermin dari wajah kita.
Ketika berbohong,ekspresi wajah akan lebih sering berubah. Perubahan itu antara apa yang dia ingin tunjukkan pada agan dan kondisi yang sebenarnya. Ekspresi ini hanya bertahan sekitaf 1/25 detik saja. Dan ini merupakan salah satu tanda bahwa dia sedang menyembunyikan sesuatu dari agan n sista.


4. Sering Mengulang Suatu Kata
Orang sering mengatakan "jujur" sebenarnya sedang khawatir kalau agan/sista tidak mempercayainya. Karena itu seringkali dia merasa perlu membuat suatu penguatan utk meyakinkan agan/sista. Kata kata yang biasanya dipakai; "jujur" "sejujurnya" "percayalah". Dengan itu dia sebenarnya sedang tidak nyaman dengan kondisinya.
Mengucapkan kata kata itu sesekali masih wajar, namun jika seringkali kata itu terucap, misalnya saat pidato, itu adalah tanda bahwa dia sedang menyembunyikan sesuatu.


5. Menjilat Bibir
Teknik Sederhana Mendeteksi Kebohongan
Kebiasan menjilat bibir seringkali dilakukan saat sedang gugup karena kurang PD. Tetapi juga bisa sebagai tanda bahwa dia sedang berbohong.
Saat dalam kondisi tertekan,seringkali kita melakukan gerakan fisik secara berulang ulang. Salah satunya adalah menjilat bibir.


6. Kontak Mata
Teknik Sederhana Mendeteksi Kebohongan
Jika dia menghindari kontak mata dengan agan/sista, atau bahkan menatap agan dengan waktu yang lama, bisa jadi dia sedang berbohong. Karena mata adalah cerminan jiwa kita. Maka seorang pendusta akan merasa khawatir kebohongan akan terpancar dari matanya. Karena itu dia menghindari kontak mata atau mencoba menatap agan selama mungkin utk menutupi kebohongannya.


7. Jeda Panjang Saat Menyampaikan Sesuatu

Membuat sebuah cerita utk meyakinkan seseorang bukanlah hal yang mudah.
Jika dia mengambil jeda terlalu lama dalam menyampaikan pendapatnya,dia sedang mengarang sebuah cerita utk meyakinkan agan n sista. Juga sedang mempersiapkan sebuah logika lain jika ceritanya akan mendapatkan respon yang berbeda dari agan.


8. Berkeringat
Teknik Sederhana Mendeteksi Kebohongan
Agan n sista pernah nonton film saat polisi melakukan interogasi?
Berkeringat juga bisa menunjukkan bahwa seseorang sedang dalam kondisi tertekan karena kebohongannya. Biasanya mereka akan banyak berkeringat di wajah, leher dan juga telapak tangan.


9. Gelisah Secara Berlebihan
Teknik Sederhana Mendeteksi Kebohongan

Pembohong seringkali tangan atau tubuhnya tidak bisa diam. Membenarkan posisi kerah baju, mengusap hidung, mengusap rambutnya atau menggeser/merubah posisi duduk seringkali dilakukan saat gelisah karena berbohong. Intinya dia sedang tidak nyaman dengan kondisinya saat ini.


10. Pahami Tingkah Lakunya
Teknik Sederhana Mendeteksi Kebohongan
Hal ini akan lebih mudah dilakukan jika agan/sista kenal dia sebelumnya. Jadi agan lebih paham kondisi tingkah lakunya saat dalam kondisi normal. Jadi akan lebih mudah mengetahui dia sedang berbohong atau tidak.
Karena itu lah saat proses interogasi,biasanya Polisi menanyakan hal hal yang simple sebagai pendahuluan. Misalnya tentang Nama, Tanggal Lahir maupun Alamat. Hal ini dilakukan utk membuat kondisi standar dimana seseorang menjawab dengan jujur. Standar ini yang kemudian dijadikan bahan analisa utk jawaban atau keterangan selanjutnya emoticon-army
LihatTutupKomentar