'Iron Man' Ingin Hubungkan Otak Manusia ke Komputer


'Iron Man' Ingin Hubungkan Otak Manusia ke Komputer


Hampir semua teknologi dirambah Elon Musk, mulai dari mobil pintar, kendaraan luar angkasa, transportasi super cepat, sampai yang terkini, komputer yang terhubung ke otak. 

Proyek terbaru pria yang dijuluki Elon Musk ini diberi nama Neuralink. Tujuannya, mengeksplorasi teknologi yang akan menghubungkan otak manusia dengan komputer secara langsung. 

Dalam sebuah konferensi teknologi bulan lalu, Musk memaparkan ide bahwa manusia akan memerlukan lebih banyak komputer yang dibekali artificial inteligence atau kecerdasan buatan. Ambisi memasuki bidang tersebut, ditunjukkan Musk dengan membeli Neuralink yang sekaligus menjadi nama proyeknya.

Dikutip dari Engadget, Rabu (29/3/2017), Neuralink terdaftar di California, Amerika Serikat sebagai perusahaan riset medis. Neuralink juga tercatat mempekerjakan sejumlah akademisi terpandang di bidang neuroscience, ahli teknologi nano dan elektroda fleksibel. 

Seperti Tesla atau SpaceX, Neuralink berencana membuat prototipe sebagai langkah awal untuk menunjukkan teknologinya tersebut aman, sebelum melangkah ke pengembangan berikutnya. 

Dalam hal ini, prototipe tersebut bisa jadi berupa implan otak yang bisa mengobati penyakit seperti epilepsi, parkinson, afau depresi.
LihatTutupKomentar