10 Film Horor Ini Terkena Kutukan Sungguhan

Film horor memang menyuguhkan sensasi tontonan yang luar biasa menyeramkan. Setiap adegan dan tokoh antagonis yang dihadirkan selalu menimbulkan rasa kengerian tersendiri.

Tapi ternyata hal itu bisa menjadi berkali-kali lipat lebih seram saat film yang dibuat membawa sebuah kutukan bagi para aktor dan kru-nya. Jaka telah menyusun 10 film Horor yang Terkena Kutukan Sungguhan. Berikut ulasannya.

10 Film Horor Ini Terkena Kutukan Sungguhan

 for 1. Poltergeist (1982): 5a4c49d6c426d"5a4c49d6c426d"
10 Film Horor Ini Terkena Kutukan Sungguhan
Kehidupan sebuah keluarga berubah drastis saat hantu-hantu jahat menyerang rumah mereka dan anak perempuan mereka diculik oleh roh-roh jahat dalam film horor klasik, karya Tobe Hooper yang berjudul Poltergeist.

Ternyata malapetaka tak hanya sebatas dalam film, nyatanya kutukan menghampiri para aktor pemeran film tersebut. Pertama Heather O’Rourke yang berperan sebagai gadis kecil Carol Anne, meninggal dunia karena salah diagnosis medis. Kemudian Dominique Dunne sebagai Dana, mati dibunuh oleh pacarnya. Terakhir Oliver Robins yang berperan menjadi Robbie, pada satu adegan dalam sebuah kamar, terpasang poster Superbowl XXII yang akan berlangsung enam tahun kemudian pada tahun 1988. Ternyata itu menjadi tanggal kematian Oliver, yang juga meninggal di kota yang sama dengan penyelenggaraan Super Bowl. Banyak yang percaya semua kutukan tersebut dipicu oleh penggunaan kerangka mayat sungguhan di dalam film.



 for 2. The Omen (1976): 5a4c49d6c4340"5a4c49d6c4340"
10 Film Horor Ini Terkena Kutukan Sungguhan
The Omen, film horor karya Richard Donner yang dibintangi oleh Gregory Peck, dapat dibilang salah satu film yang memiliki kutukan paling mengerikan. Dimulai dari Peck dan penulis skenario David Seltzer, di mana pesawat yang mereka naiki disambar petir. Sementara Produser Harvey Bernhard juga hampir tersambar petir kala di Roma. Beberapa orang yang terkait dengan film termasuk sang sutradara, terlibat dalam sebuah kecelakaan mobil.

Belum habis sampai situ, kutukan selanjutnya menimpa Donner di mana hotel tempatnya tinggal mengalami insiden pemboman oleh IRA. Kembali Peck juga hampir saja menaiki pesawat yang dibajak oleh teroris. Kemudian beberapa bulan sebelum syuting dimulai, putra Peck, Jonathan Peck melakukan bunuh diri. Hal yang paling mengerikan, setelah selesai produksi, giliran penata efek khusus, John Richardson dan asistennya Liz Moore mengalami kecelakaan lalu lintas parah hingga membuat kepala Liz terpenggal. Insiden tersebut diperkirakan mencerminkan salah satu adegan yang berisikan pemenggalan kepala dalam film.



 for 3. Rosemary’s Baby (1968): 5a4c49d6c440b"5a4c49d6c440b"
10 Film Horor Ini Terkena Kutukan Sungguhan
Selanjutnya datang dari film horor klasik berjudul Rosemary’s Baby. Awalnya Produser William Castle menerima sebuah surat ancaman yang berisi seperti berikut, ” Bajingan. Orang yang percaya dengan sihir. Penyembah gereja setan. Prediksi ku perlahan-lahan kau akan jatuh dalam sakit yang panjang dan penuh penderitaan”. Setelah Castle menerima surat tersebut, benar saja ia pun jatuh sakit. Orang-orang pun beranggapan bahwa film ini dikutuk.

Pada suatu kunjungan jenguk di ruang rawat, Castle dilaporkan menjerit-jerit, “Rosemary, demi Tuhan, jatuhkan pisau itu!” Tak hanya Castle yang disinyalir terkena kutukan, komposer Krysztof Komeda juga disinyalir ikut terkena kutukan, karena meninggal disebabkan cedera otak misterius setelah syuting selesai.



 for 4. Psycho (1960): 5a4c49d6c44cc"5a4c49d6c44cc"
10 Film Horor Ini Terkena Kutukan Sungguhan
Jika sebelumnya film-film terkutuk memakan korban dari orang-orang di balik layar yang berhubungan dengan film, tapi dalam Psycho, korbannya adalah sang bintang utama sendiri.

Myra Jones yang berperan sebagai Janet Leigh dalam film Psycho harus bernasib cukup nahas. Ia dibunuh oleh orang yang bisa dibilang psikopat bernama Dean Hunt. Inilah yang membuat orang berpikir bahwa kejadian itu sebuah kutukan, karena mirip dengan tema film yang Myra bintangi.



 for 5. The Exorcist (1973): 5a4c49d6c4592"5a4c49d6c4592"
10 Film Horor Ini Terkena Kutukan Sungguhan
Karya dari William Friedkin, The Exorcist, merupakan film yang berkisah tentang seorang gadis yang tubuhnya dikuasai oleh setan. Kutukan dimulai saat penayangan perdana, dimana gereja yang berada persis di depan teater tempat penayangan, tiba-tiba saja ornamen salibnya roboh.

Kutukan tersebut juga memakan korban aktor Jack MacGowran yang berperan sebagai Burke Dennings, ia meninggal dikarenakan penyakit flu. Setidaknya ada delapan kematian lainnya yang terkait dengan produksi film. Terakhir set rumah MacNell dalam film terbakar habis di studio, tapi kamar karakter utama Ragen konon tak tersentuh api.



 for 6. The Amityville Horror (1979): 5a4c49d6c466b"5a4c49d6c466b"
10 Film Horor Ini Terkena Kutukan Sungguhan
Terinspirasi oleh kisah nyata yang menjadi kontroversi, The Amityville Horror didasarkan pada pengalaman paranormal keluarga Lutz setelah pindah ke rumah hantu yang terletak di 112 Ocean Avenue, Amityville, New York. Sejarahnya memang cukup kelam, di mana orang yang tinggal sebelumnya Ronald DeFeo Jr., membunuh seluruh keluarganya di rumah tersebut.

James Brolin yang didapuk sebagai bintang dari kisah nyata yang diadaptasi menjadi film tersebut, awalnya tak percaya dengan kisahnya, namun ia berubah menjadi ketakutan setengah mati setelah mempelajari kisah tersebut melalui novel. Ia awalnya tak ingin ambil bagian dalam film tersebut, tapi sebuah insiden yang hampir saja membuat kepalanya membentur ke atap, membuat ia terpaksa mengambil peran tersebut. Seakan ia telah diselimuti kutukan untuk berperan dalam film itu.



 for 7. The Conjuring (2013): 5a4c49d6c4735"5a4c49d6c4735"
10 Film Horor Ini Terkena Kutukan Sungguhan
Film yang beberapa tahun lalu meledak di pasaran dan memberikan pengalaman horor yang sangat membekas di benak para penonton, yaitu The Conjuring. Film ini diangkat dari kisah nyata Ed dan Lorraine Warren, pasangan praktisi supranatural yang terkenal.

Tapi tahukah kalian, bahwa di balik pembuatan film ini terdapat insiden menakutkan yang disinyalir sebagai pertanda kutukan? Pertama, dimulai dari sebuah tanda cakaran aneh di laptop milik bintang Vera Famiga, sang sutrada James Wan juga melihat anjing yang menggeram pada sesuatu yang tidak terlihat. Kemudian desiran angin aneh yang membuat Carolyn Perron harus dilarikan ke rumah sakit. Dan terakhir juga dilaporkan sempat nampak kobaran api misterius di areal syuting.



 for 8. The Omen Remake (2006): 5a4c49d6c47f5"5a4c49d6c47f5"
10 Film Horor Ini Terkena Kutukan Sungguhan
Kembali ke film The Omen, dimana film terkutuk tersebut kembali dibuat ulang pada tahun 2006 dengan judul yang sama. Tapi ternyata kutukan tersebut berlanjut di film ini.

John Moore selaku direktur film, mengklaim ia kehilangan dua hari hasil rekaman film, karena kerusakan kamera yang disebabkan oleh roh jahat. Ia mengatakan bahwa kamera terus menampilkan pesan kesalahan ‘Error 666’.



 for 9. Annabelle (2014): 5a4c49d6c48bf"5a4c49d6c48bf"
10 Film Horor Ini Terkena Kutukan Sungguhan
Kutukan yang berlanjut dari film ke film, datang dari prekuel The Conjuring, yaitu Annabelle. James Wan nampaknya memang cukup mengalami kesialan, karena harus berhadapan dengan kutukan di setiap pembuatan filmnya.

Saat syuting Annabelle, dua orang kru mengalami luka-luka. Kemudian seorang aktor tiba-tiba saja kepalanya terbentur di koridor, di mana tempat tersebut memang dipakai aktor tersebut saat adegan ia dibunuh oleh hantu. Kembali juga hadir tanda cakaran yang lebih aneh dan misterius pada jendela rumah. Kemudian seperti kisah nyatanya, boneka Annabelle palsu yang menjadi properti syuting, dinyatakan berhantu dan sekarang dikurung dalam museum paranormal.



 for 10. The Possession (2011): 5a4c49d6c49a4"5a4c49d6c49a4"
10 Film Horor Ini Terkena Kutukan Sungguhan
Sebenarnya kisah dalam The Possession cukup sepele, karena hanya menceritakan tentang sebuah lemari penyimpanan botol anggur. Namun anggapan itu akan berubah, setidaknya setelah kalian tahu bahwa film ini diangkat dari kisah sungguhan dan lemari penyimpanan tersebut didiami oleh roh jahat.

Pada saat pembuatan film, selama produksi beberapa kali lampu meledak di area syuting. Kemudian seluruh alat peraga terbakar di penyimpanannya secara misterius. Untungnya tidak ada yang terluka, seluruh kru film memutuskan untuk tidak memakai kotak asli yang disebut Dybbuk di dalam film, melainkan menggunakan yang palsu, karena mereka memilih tidak mengambil risiko dengan makhluk halus yang bisa saja mencelakakan.