12 Tanda Ini Menunjukkan Kalau Ente Sebenarnya Cerdas

Holaa, kembali lagi dengan ane. Pernahkah kamu Kadang merasa tidak yakin kalau kamu sebenarnya pintar atau ceras? Inilah 12 tanda indikasi kalau kamu sebenarnya cerdas. Kemungkinan kamu akan memiliki minimal 2 dari tanda dibawah ini. Langsung saja kita mulai :

1. Kamu senang mengikuti kursus musik

Banyak sekali penelitian yang membuktikan bahwa dengan bermain alat musik ternyata mampu meningkatkan kecerdasan anak. Salah satu studi ini menjelaskan bahwa hanya dengan mengikuti kursus musik selama sebulan ternyata dapat membantu anak yang berumur 4-6 tahun untuk meningkatkan nilai pelajarannya dan membantu mereka lebih mudah untuk belajar. Apakah kamu ikut les biola pada saat masih kecil? Jika iya, mungkin itu alasannya kamu bagus dalam berpikir!

Sumber penelitian : https://psmag.com/music-training-enhances-children-s-verbal-intelligence-ddcc299daf43

2. Kamu adalah anak tertua

12 Tanda Ini Menunjukkan Kalau Ente Sebenarnya Cerdas

Salah satu penelitian yang menarik juga menjelaskan bahwa anak tertua di keluarga memiliki kecerdasan IQ lebih tinggi dibandingkan adik-adiknya, mungkin inilah alasan mengapa anak pertama lebih sukses dalam bidang pelajaran.

Sumber penelitian : http://www.nytimes.com/2007/06/25/us/25sibling.html?_r=2

3. Kamu berbadan ramping

Ada penelitian aneh yang dilakukan pada tahun 2006 yakni membuktikan bahwa semakin lebar pinggang seseorang maka semakin rendah tingkat kecerdasannya. Penelitian lainnya juga ada yang menyebutkan bahwa anak berumur 11 tahun yang mendapatkan nilai buruk di sekolah maka kemungkinan besar akan mengalami obesitas pada usia 40 tahun. Sebaliknya mereka yang memiliki nilai lebih baik di sekolah, maka mereka akan lebih berfokus pada pendidikan, dan mereka akan lebih peduli pada kesehatan mereka. tapi studi ini semata hanya membahas hubungan 2 hal ini saja, karena orang bisa saja gemuk dengan berbagai macam faktor kan.

Sumber penelitian : http://www.neurology.org/content/67/7/1208.short

4. Kamu di beri ASI sewaktu bayi

Kali ini penelitian yang dilakukan di Inggris dan Selandia Baru meneliti sekitar 3000 bayi dan menemukan bahwa bayi yang sering diberi ASI memiliki selisih nilai IQ sebesar 7 poin lebih tinggi dibandingkan bayi yang tidak diberi ASI. Namun sampai saat ini para ilmuwan masih bingung untuk memahami mekanisme hubungan antara pemberian ASI dengan tingakt kecerdasan seseorang.

Sumber penelitian : http://www.pnas.org/content/104/47/18860.full

5. Kamu suka membaca ketika masih kecil

12 Tanda Ini Menunjukkan Kalau Ente Sebenarnya Cerdas

Kalau agan dan aganwati pasti suka membaca waktu masih kecil kan? Itulah tandanya kalau kamu itu sangat cerdas, apalagi kalau minat bacamu dimulai saat kamu masih memakai popok. Pada salah satu penelitian menguji 2000 pasang anak kembar, menghasilkan kesimpulan bahwa salah satu anak yang mimiliki minat baca lebih besar, memiliki nilai tes lebih besar dibandingkan anak lainnya. Para peneliti percaya bahwa anak yang memiliki minat baca lebih awal maka kemungkinan besar mereka mengembangkan kemampuan verbal dan non verbal lebih baik.

Sumber penelitian : http://onlinelibrary.wiley.com/doi/10.1111/cdev.12272/full

6. Kamu kidal

12 Tanda Ini Menunjukkan Kalau Ente Sebenarnya Cerdas

Tahukah kamu kalau kebanyakan kriminal itu kidal? Ternyata fenomena aneh ini ada penjelasannya. Sebuah penelitian membuktikan bahwa orang yang kidal memiliki cara berpikir yang berbeda dari yang lain. Orang yang kidal berpikir kreatif sehingga mempengaruhi cara mereka menyelesaikan masalah dan menjalankan tugas. Orang kidal biasanya lebih memiliki inisiatif sehingga mudah bagi mereka keluar dari masalah yang sulit.




7. Kamu sering khawatir

Banyak studi membuktikan bahwa orang yang sering khawatir memiliki kemungkinan besar mereka lebih cerdas daripada mereka yang tidak. Hal ini terjadi karena mereka berpikir setiap konsekuensi tindakan yang mereka ambil, sehingga mereka berusaha membuat keputusan yang terbaik.

Sumber penelitian : http://www.slate.com/articles/health_and_science/science/2015/04/do_smart_people_worry_more_iq_is_correlated_with_anxiety.html

8. Kamu berbadan tinggi

12 Tanda Ini Menunjukkan Kalau Ente Sebenarnya Cerdas

Penelitian yang dilakukan di universitas Princeton Amerika, membuktikan bahwa murid yang berbadan lebih tinggi, memiliki nilai yang lebih bagus, ketika mereka dewasa, mereka cenderung mendapatkan penghasilan lebih banyak. Yuk, mulai dari sekarang tegapkan punggung mu.

Sumber penelitian : http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2709415/

9. Kamu orang yang lucu

Ternyata ada semacam hubungan antara selera humor yang tinggi dengan tingkat kecerdasan seseorang. Pada sebuah penelitian yang melibatkan 400 murid. Mereka diminta mengerjakan tes lalu menuliskan salah satu adegan atau percakapan yang lucu dari kartun yang pernah mereka tonton.


10. Kamu orang yang Penasaran

Penelitian yang dilakukan salah satu profesor dari London menyimpulkan bahwa rasa penasaran adalah salah satu karakteristik orang yang cerdas. Orang yang penasaran biasanya berpikir lebih kritis, sehingga kamu senang mempelajari hal baru dan mengembangkan diri sendiri.

Sumber penelitian : http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/23231531

11. Kamu perfeksionis

Orang yang cerdas biasanya bersifat perfeksionis, mereka tidak akan puas jika hasil yang mereka kerjakan belum sempurna. Jika dia seorang atlit, maka dia akan menghabiskan lebih banyak waktu untuk latihan. Apabila dia tidak puas dengan penampilannya maka dia akan berusaha mati-matian merias dirinya dengan memenuhi lemari dengan kosmetik atau pakaian.

12. Kamu doyan begadang

12 Tanda Ini Menunjukkan Kalau Ente Sebenarnya Cerdas

Lucu kan? Tapi memang hal ini ada buktinya lho, riset membuktikan bahwa orang yang suka begadang ternyata memiliki kecerdasan lebih tinggi daripada mereka yang sering bangun awal. Mengapa demikian? Ternyata mengerjakan sesuatu dimalam hari dapat meningkatkan kreativitas seseorang. Para peneliti juga sepakat bahwa mereka yang tidur belakangan berusaha mengembangkan kemampuannya melebihi batas. Seandainya saja kita bisa tetap sehat dengan sedikit tidur.

LihatTutupKomentar